Sunday, November 22, 2015

Kuliner: 7 Makanan Khas Bogor untuk Oleh-oleh Keluarga


Bukan cuma Jakarta dan Jogjakarta yang terkenal dengan makanan khasnya, Mencari makanan khas Bogor menjadi salah satu alternatif yang menarik jika berkunjung ke Bogor. Apa saja makanan khas Bogor yang tidak boleh terlewatkan jika sedang ada di Kota Bogor.

1. Toge Goreng Bogor

Agak sulit untuk menemukan kuliner khas Bogor ini di kota lain. Toge goreng ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus. Toge yang direbus, dicampur dengan mie telor kuning dan irisan tahu goreng (terkadang juga ditambah ketupat). Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco dan diberi tambahan kecap manis

2. Asinan Bogor

Asinan Bogor sudah menjadi khas makanan Bogor, sehingga harus mencoba rasa Asinan yang sangat terkenal di Bogor. Asinan buah-buahan terdiri dari  berbagai jenis buah-buahan  yang diasinkan seperti Mangga Muda, Jambu Air, Kemang, Menteng, Anggur Bogor, Kedondong, Bengkuang, Nanas dan Pala yang disajikan dalam kuah cuka yang asam, manis dan pedas, ditaburi dengan kacang goreng.

3. Bolu Lapis Sangkuriang Bogor

Bawa oleh-oleh Talas yang segede-gede betis sehabis plesiran ke Bogor? Aduh! Itu mah udah enggak zaman. Soalnya, sekarang ini lagi nge-hits yang namanya Bolus Lapis Talas. Bolu ini memang berbahan dasar tepung talas. Inilah yang bikin tekstur bolu ini lebih lembut daripada bolu kebanyakan.

4. Laksa Bogor

Selain laksa betawi, laksa yang terkenal di Indonesia adalah laksa bogor. Dalam bahasa sanskerta, laksa artinya banyak. Maksudnya, laksa ini dibuat dengan menggunakan banyak bumbu. Keunikan laksa bogor adalah pada campuran oncomnya.

5. Roti Unyil Venus khas Bogor

Roti Unyil Venus sebenernya sih sama dengan toko roti unyil yang bertebaran di Jakarta. Yang ngebedainnya ya variasi rasa dari roti unyil yang ditawarkan. Di toko ini ada 26 variasi rasa, misalnya rasa pisang coklat keju, keju panjang, sosis keju, jagung dan abon yang menjadi rasa andalan.

6. Kue Mochi Bogor

Sebetulnya, mochi yang dijajakan di Bogor ini ialah mochi khas Sukabumi. Enak, kan, enggak usah jauh-jauh ke Sukabumi buat ngerasain mochi. Nah, dari packaging-nya aja makanan ini udah ngegoda buat dibungkus dan dijadiin oleh-oleh.

7. Soto Kuning Bogor

Soto Kuning juga merupakan makanan khas Bogor, soto yang memang berwarna kuning dari kunyit dan kuah santan. Di samping itu juga ada beberapa bumbu rempah yang dicampurkan kedalam bumbu soto ini. Untuk isi-nya bisa pilih antara Babat, kikil, daging sesaui dengan selera masing-masing.

 

Kuliner: 7 Makanan Khas Bogor untuk Oleh-oleh Keluarga

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top