Sunday, November 22, 2015

Kuliner : Resep Membuat Asinan Bogor


Setelah jalan-jalan menikmati wisata The Little Venice yang menyenangkan , sekarang saatnya kita makan kuliner asli Bogor yaitu Asinan !
Asinan bogor adalah makanan dari olahan buah dengan teknik pengasaman atau asin menggunakan garam yang berasal dari Bogor. Biasanya asinan dikonsumsi saat udara diluar sedang panas-panasnya.

Asinan bogor, Asinan buah merupakan jajanan khas kota Bogor yang memiliki citarasa pedas, asam dan menyegarkan. Penggunaan cabai dalam jumlah banyak membuat sinan buah begitu pedas, namun walau begitu tak menyurutkan hasrat seseorang untuk menikmatinya. Terutama untuk pecinta makanan pedas, rasanya kurang mantap apabila kadar kepedasannya biasa-biasa saja.

Cara pembuatan Asinan bogor pun sangat praktis. Anda tak perlu berkutat lama di depan kompor. Mengiris-iris sayuran, bisa anda lakukan sembari berkumpul bersama keluarga. Kegiatan ini pastinya akan semakin mempererat tali silaturahmi.

Yang perlu diperhatikan, penggunaan cuka pada resep. Jangan menggunakan terlalu banyak cuka mengingat selama satu bulan sebelumnya lambung anda terbiasa kosong di siang hari. Apalagi bagi anda yang mempunyai sejarah penyakit maag. Gunakan cuka secukupnya saja.


Bahan-bahan Asinan Buah Khas Bogor :

  • Air putih matang 200 mili liter
  • Gula pasir 100 gram
  • Kedondong 150 gram ( dipotong-potong dan jangan lupa dibuang isinya )
  • Mangga yang setengah matang 150 gram ( diiris sesuai selera )
  • Pepaya setengah matang 150 gram ( diiris sesuai selera )
  • Bengkuang 150 gram ( diiris sesuai selera )
  • Ubi merah 150 gram ( diris sesuai selera )
  • Nanas 150 gram ( diiris sesuai selera )

Bahan-bahan Kuah Asinan Buah Khas Bogor:

  • Air 500 mili liter
  • Cuka 1/2 sendok teh
  • Cabai merah 20 buah ( diulek atau dihaluskan )
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Asinan Buah Khas Bogor:

  1. Pertama-tama masak air dengan gula pasir , masak hingga gula larut .
  2. Kemudian masukkan buah kedondong yang sudah diris tadi ke dalam larutan gula rendam terus selama kurang lebih 4 jam . bertujuan agar bumbu meresap .
  3. Jika sudah direndam selama kurang lebih 4 jam , angkat buah kedondong lalu tiriskan .
  4. Selanjutnya ambil air lalu rebus ksemua bahan kuah asinannya kecuali cuka , saring lalu tunggu hingga dingin .
  5. Jika kuah sudah dingin lalu masukkan cuka , aduk hingga rata .
  6. Terakhir masukkan semua buah-buahan yang sudah anda siapkan tadi seperti pepaya , bengkuang , nanas dan lain sebagainya . kemudian diamkan kurang lebih selama 4 jam , agar bumbu yang terdapat pada kuah asinan meresap ke dalam buah .
Anda dapat menambahkan kacang tanah goreng dan kerupuk mie saat menyajikan asinan buah atau asinan bogor ini agar terasa lebih makyus . Bahan-bahan yang mudah di dapat dan sangat terjangkau membuat Asinan bogor  buah atau asinan bogor sangat mudah untuk dibuat dirumah . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional atau ditempat belanja lainnya yang terjangkau dari tempat tinggal anda .

Kuliner : Resep Membuat Asinan Bogor

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top